Apa Gunanya Mencetak Rekening Koran? Berikut Beserta Biaya Cetaknya

Apa Gunanya Mencetak Rekening Koran Berikut Beserta Biaya Cetaknya (The Balance)
Apa Gunanya Mencetak Rekening Koran Berikut Beserta Biaya Cetaknya (The Balance)

Rekening koran merupakan sebuah laporan yang berisikan transaksi dari giro bank. Detail dari informasi mengenai transaksi terhadap rekening bank dengan keterangan saldo kas lengkap.

Kita bisa mendapatkan data ini secara lengkap sama seperti yang terdapat pada buku tabungan. Dimana semua tangga, sandi transaksi, mutasi debet, mutasi kredit dan saldo terakhirnya.

Hanya saja bedanya ketika buku tabungan dibuka oleh nasabah atau perorangan. Sedangkan rekening koran ini untuk para nasabah corporate atau entitas.

Untuk mendapatkan cetakan rekening seperti ini kita perlu pergi ke kantor cabang bank terdekat. Prosesnya tidak akan lama dan sangat cepat bahkan.

Apa Gunanya Mencetak Rekening Koran?

Untuk mengetahuinya lebih dalam kita akan mendapatkan pertanyaan mengenai kegunaanya. Kenapa orang mengurus dan mencetak rekening mereka? Beberapa orang berikut ini jelas akan membutuhkannya.

Bukti Hukum

Pertama, biasanya orang akan memproses hal ini untuk bukti dari sebuah hukum yang jelas. Misalnya Anda sedang terlibat masalah serius dan perselisihan mengenai sebuah uang.

Beberapa para penjual online terkadang membutuhkan hal seperti ini. maka rekening ini akan membantu menyelesaikan perselisihan terkait uang secara hukum yang jelas dan sah.

Keuangan Perusahaan

Selanjutnya biasanya orang akan membutuhkan hal ini apabila memiliki perusahaan. Untuk mengurus dan merekap data keuangan jelas akan membantu.

Semua proses keuangan dari transaksi masuk dan keluar yang jelas tercatat dalam sistem. Perusahaan tidak akan kesusahan dan terbantu dengan adanya hal seperti ini.

Terkadang beberapa atasan juga meminta para bawahan yang mengatur masalah keuangan. Dengan adanya rekap data secara resmi dari rekening koran ini maka orang akan lebih terbantu. Tidak menimbulkan masalah baru bahkan perselisihan.

Membuat Visa

Tahukah Anda apabila ingin bepergian keluar negeri kita membutuhkan sebuah dokumen bernama visa? Nah ternyata untuk mengajukan pembuatan visa ini kita membutuhkan sebuah rekening untuk bukti.

Data dalam rekening koran tersebut akan membuat kita memastikan pada lembaga negara. Apabila kita memiliki budget yang cukup untuk mengunjungi negara tersebut.

Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya masalah yang justru merugikan negara. Maka dari itu memastikan visa sejak awal memang memiliki dana yang cukup untuk bepergian.

Bukankah hal ini jarang orang ketahui? Kecuali untuk orang yang sudah sering berpergian dan memiliki kepentingan semacamnya.

Mengajukan Kredit atau Pinjaman

Rekening koran juga akan kita gunakan untuk sebagai data melengkapi persyaratan dari pengajuan kredit, pinjaman bank atau bahkan kredit lainnya. Seperti untuk KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB, dan terakhir adalah KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Pihak yang akan kita pinjami tersebut akan meminta data seperti ini, namun biasanya cukup fotokopinya saja. Setelah meminta ke bank kita akan menyertakan persyaratan fotokopi ini  untuk kelengkapan.

Sama seperti untuk menyakinkan bahwa secara finansial kita memiliki kekuatan yang cukup. Nantinya para penyedia pinjaman akan mempertimbangkan apakah bisa memberikan pinjaman kepada nasabah tersebut.

Karena transaksinya selama ini melalui bank tersebut jelas memperlihatkan. Namun beberapa penyedia pinjaman tidak membutuhkan hal ini jika Anda merupakan pegawai dari sebuah perusahaan, karena sudah terdapat jaminan resminya.

Biaya Cetak Rekening Koran

Nah untuk beberapa kegunaan tersebut Anda akan mengeluarkan dana berbeda-beda setiap banknya. Bisanya hitungan per lembar tidak melebihi Rp. 30.000, tenang saja karena setiap bank memiliki harga berbeda-beda.

Rekening koran membantu setiap update transaksi secara jelas. Anda bisa memastikan hal ini untuk rekap secara pribadi juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *