5 Cara Membuat Mind Map di HP untuk Sampaikan Ide dengan Efektif

Cara Membuat Mind Map di Hp

Mind map adalah sarana kreatif yang ampuh untuk bertukar pikiran tentang ide dan menemukan hubungan antar elemennya. Pembuat mind map bisa memulainya dengan menuliskan ide atau tema utama, lalu menggambar garis yang bercabang menjadi simpul baru. Masing-masing simpul memiliki ide atau tema terkait. Untuk lebih mudahnya, ada cara membuat mind map di HP yang akan mempersingkat waktu.

Mind map secara tradisional dibuat dengan selembar kertas kosong, tetapi ada banyak keuntungan dari proses digitalisasi dengan membuatnya di HP. Beberapa diantaranya adalah pembuatannya bisa lebih nyaman, lebih fleksibel, dan tidak terbatasi oleh ukuran kertas. Berikut adalah 5 cara mudah untuk melakukannya:

1. Gunakan Mind Map & Concept Map Maker – Mindomo

Aplikasi ini dirancang khusus untuk sekolah dan siswa. Dengan demikian, aplikasi tersebut terintegrasi dengan akun Google Apps atau Office 365 milik organisasi atau sekolah penggunanya. Jadi, setelah membuat mind map, pengguna dapat mengkolaborasikan dengan temannya.

Pengguna juga dapat menambahkan catatan video dan audio, pencarian gambar web, menentukan templat, pelacakan riwayat, serta mengimpor dan mengekspor mind map. Integrasikan pula aplikasi ini dengan Google Drive dan Dropbox untuk penyimpanan dan kolaborasi yang lebih baik.

2. Lakukan dengan Aplikasi SimpleMind

SimpleMind adalah salah satu aplikasi mind mapping paling populer untuk HP Android yang membantu mengatur dan menerapkan ide dengan lebih baik. Kelebihan SimpleMind adalah memiliki alat dan interface pengguna yang intuitif. Pengguna dapat membuat berbagai macam mind map hanya dengan beberapa ketukan.

Unduh aplikasi SimpleMind di Google Play Store. Kemudian langsung buat mind map. Pengguna tidak perlu login untuk menggunakan aplikasi versi gratis. Pertama tulislah ide pokoknya di bagian tengah lalu tambahkan cabang sesuai kebutuhan. Atur pula layout-nya agar tampak lebih rapi dan menarik.

3. Menggunakan Aplikasi Mindly

Pada cara membuat mind map di HP berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Mindly. Aplikasi ini tidak hanya terlihat cantik tetapi memungkinkan pengguna membuat beberapa mind map yang berbeda untuk merencanakan proyek. Hal itu dilakukan melalui penataan, pengumpulan ide, dan lain-lain.

Tanpa perlu pikir panjang lagi, segera unduh melalui Google Play Store. Tetapkan ide pokok. Tambahkan cabang. Tambahkan warna, ikon, atau gambar ke dalam mind map agar lebih menarik dan dapat menyampaikan informasi yang lebih detail. Setelah selesai, selanjutnya simpan mind map dengan memilih format file sesuai yang diperlukan.

4. Gunakan Aplikasi Mind Map & Note Taking Tool – MindMeister

Aplikasi mind map ini mencakup segala sesuatu mulai dari pintasan keyboard cepat hingga kemampuan untuk menyematkan video langsung di dalam simpul. Untuk pembuatan mind map dengan tim kerja, tambahkan anggota tim ke mind map. Beri suara positif jika setuju dengan ide dari anggota tim atau tolak jika tidak setuju. Berikan pula komentar untuk berbagai penambahan ide dari anggota tim agar dapat membuat mind map yang keren.

5. Buat Mind Map di Web Coogle

Pada cara membuat mind map di HP melalui web ini tidak akan membebani penyimpanan pada HP. Untuk memulainya, cukup buka dan login ke coogle.it. Pada web tersebut tidak ada simpul pusat untuk mind map baru. Klik tanda tambah untuk membuat anak simpul baru, lalu Coggle akan secara otomatis memilih arah dan penempatan simpul baru. Seret simpul tersebut untuk mengatur ulang tempatnya sesuai tata letak yang diinginkan.

Demikianlah 5 cara membuat mind map di HP yang mudah dan efektif untuk penyampaian ide. Cara kerja otak dalam berpikir akan menentukan cara mana yang terbaik untuk membuat mind map. Artikel ini bisa dijadikan referensi untuk menghasilkan mind map yang kreatif dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *