Jenis Koneksi Internet Paling Diminati dan Dipilih Masyarakat

Jenis Koneksi Internet Paling Diminati dan Dipilih Masyarakat (istockphoto.com)
Jenis Koneksi Internet Paling Diminati dan Dipilih Masyarakat (istockphoto.com)

Jenis koneksi internet dibagi menjadi dua yakni jaringan dengan kabel dan tanpa kabel dimana setiap jenis itu memiliki koneksi internet berbeda. Koneksi internet sering orang gunakan, tapi ternyata bagi sebagian orang juga belum mengenal jenis-jenisnya.

Sebagai pengguna internet, sebaiknya Anda mengetahui jenis koneksi agar tak ketinggalan pengetahuan teknologi. Memang sebagian orang tak memperdulikan hal ini. Padahal hal tersebut juga sama pentingnya ketika Anda sedang membutuhkan jaringan internet untuk kebutuhan digital.

Bayangkan saja jika dunia ini tak ada koneksi internet. Akankah kita semua bisa melakukan jalannya komunikasi? Sudah pasti tidak, akan tetapi adanya ruangan internet ini yang membantu semua orang mengakses dunia digital.

Berbagai Jenis Koneksi Internet

Jika Anda saat ingin menggunakan internet, tapi bingung ingin menggunakan jaringan yang mana. Maka perlu detail dan pahami terlebih dahulu sebelum memilih dan menggunakan jaringan internet.

Adanya jenis jaringan ini membantu memudahkan dalam kegiatan berbagai digital. Mulai dari mengunjungi laman situs hingga menonton film, bahkan bermain game online.

Jaringan internet sendiri bukan hanya 2 atau 3 saja. Melainkan banyak sekali namun jika dilihat dari jangkauan geografis, terdapat 4 jaringan internet. Langsung saja ketahui jenis  koneksi internet dibawah ini.

  1.     Personal Area Network (PAN)

Jaringan internet pertama yakni Personal Area Network atau sering disebut dengan PAN. Jaringan internet PAN ini lebih kecil dari ukuran jaringan lainnya yakni sekitar 1 meter dari jaringan LAN.

Perbedaan dari jaringan PAN dan jaringan LAN yakni cara menggunakannya. Dimana PAN hanya menggunakan bluetooth tanpa harus menyambungkan kabel tertentu. Untuk kelangsungan jaringan Personal Area Network ini bisa mudah dalam hal upload foto, video, atau dokumen-dokumen lainnya.

  1.     Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan internet Metropolitan Area Network atau sering disebut dengan MAN merupakan bagian dari jenis jaringan atau koneksi internet yang lebih berkembang lagi. Sebab, dapat dibilang bahwa MAN sebagai bagian pengembangan dari jaringan LAN.

Hal ini karena jaringan koneksi internet lebih besar jangkauannya dibandingkan dengan jaringan LAN. MAN juga menggunakan kabel, bisa mentransfer data berkecepatan tinggi. Jadi dengan begitu Anda dapat melakukan penerimaan dan informasi antar komputer. Proses penerimaan data itu berlangsung sangat cepat.

  1.     Wide Area Network (WAN)

Jaringan internet urutan ketiga ada Wide Area Network (WAN). Jaringan WAN yakni internet yang sesuai dengan Namanya, mempunyai jaringan telekomunikasi sangat luas bahkan mencapai satu negara. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok, melainkan lebih kepada kepentingan bisnis dan usaha.

  1.     Local Area Network LAN

Jenis keempat adalah Jaringan Local Area Network atau LAN. Dimana jenis jaringan ini sebagai jaringan atau koneksi internet dan komputer yang mempunyai cakupan kecil yakni hanya berjarak 1 km saja.

Salah satu yang bisa menggunakan jaringan LAN yakni sekolahan, warnet, lembaga bimbingan bekerja, hingga rumah dengan skala kecil. Jadi dengan menggunakan jaringan ini, Anda hanya membutuhkan kabel tambahan. Kabel itu adalah kabel ethernet dengan teknologi IEEE 802.3. Sehingga internet langsung tersambung pada PC atau laptop Anda.

Pada intinya jenis koneksi atau jaringan internet di atas memiliki kelebihan, keunggulan, dan kekurangannya sendiri. Jika Anda sudah tahu mengenai 4 jaringan koneksi internet di atas. Kini giliran Anda ingin menggunakan jaringan mana. Pilih menggunakan jaringan sesuai kebutuhan saja, ya. Jadi dengan menggunakan satu dari jaringan internet di atas, maka kegiatan digital dan sosmed Anda lebih lancar dan semakin luas tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *