Mari Mengenal Teknologi Jaringan LAN Beserta Serangkaian Fungsinya

Mari Mengenal Teknologi Jaringan LAN Beserta Serangkaian Fungsinya (pixabay.com)
Mari Mengenal Teknologi Jaringan LAN Beserta Serangkaian Fungsinya (pixabay.com)

Teknologi jaringan LAN di zaman sekarang yang serba modern ini tentunya sangat dibutuhkan banyak orang, terutama pengguna komputer. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang ini hampir semua pekerjaan selalu dilakukan dengan membutuhkan bantuan internet.

Mulai dari pekerjaan, tugas sekolah, hingga perdagangan juga sudah dilakukan secara online. Lantas, sebenarnya apa itu teknologi jaringan jenis LAN ini? dan apa saja fungsi-fungsinya? Nah, buat menambah pengetahuan kamu, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Teknologi Jaringan LAN

Jaringan LAN ( Local Area Network) merupakan sebuah jaringan komputer yang hanya bisa mencangkup wilayah lokal saja. Dalam artian lain, jaringan ini hanya bisa digunakan oleh beberapa pengguna yang masih masuk ke area LAN.

Jaringan ini akan berperan untuk menghubungkan data internet melalui perangkat jaringan yang sederhana. Pada umumnya, jaringan ini terdapat di kabel seperti UTP, Hub, Router, atau bahkan Switch.

Dengan adanya LAN ini, maka tentunya akan mempermudah setiap komputer dalam mengakses data internet yang sudah ada. Selain itu, teknologi jaringan LAN ini juga dapat memungkinkan kamu untuk sharing data maupun menggunakan perangkat pintar secara bersamaan.

Nah, dengan menggunakan teknologi tersebut kamu juga tidak perlu lagi menggunakan kabel yang panjang untuk menyambungkannya ke komputer atau perangkat lainnya.

Fungsi Jaringan LAN

Pada dasarnya, jaringan LAN ini mempunyai peran untuk menyambungkan data internet ke sebuah perangkat seperti komputer. Namun, sebenarnya jaringan LAN ini juga mempunyai fungsi yang lainnya. Berikut inilah serangkaian fungsi dari jaringan LAN tersebut.

  1. Menghubungkan 2 Perangkat atau Lebih

Fungsi pertama dari jaringan LAN yaitu untuk menghubungkan 2 perangkat komputer tau bahkan lebih. Hal tersebut dapat dilakukan secara langsung atau juga bisa dengan menggunakan media perantara.

Dua perangkat dapat terhubung langsung dengan memanfaatkan kabel UTP yang sudah tersambung. Sedangkan, jika ingin menghubungkan dengan lebih banyak komputer, maka kamu perlu membutuhkan perangkat tambahan, misalnya seperti switch atau Hub.

  1. Mentransfer File dari Satu perangkat ke Perangkat Lain

Teknologi jaringan LAN ini juga berfungsi untuk mentransfer file dari sebuah perangkat komputer ke perangkat komputer yang lainnya. Dengan metode ini, kamu tidak harus menggunakan flashdisk untuk melakukannya. Sebab, hanya dengan menggunakan jaringan LAN ini, kamu sudah bisa langsung melakukan pemindahan file dengan mudah.

  1. Sebagai Remote Komputer

Perlu kamu ketahui juga, jaringan LAN ini tentunya juga bisa dimanfaatkan sebagai remot komputer. Mengapa demikian? Sebab,jaringan ini akan mengatur remot tanpa harus terhubung ke koneksi internet dulu. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa mengatur melalui fitur Remote Desktop Manager/Connection yang telah tersedia di komputer.

  1. Sharing Printer

Teknologi jaringan LAN ini juga dapat berfungsi sebagai sharing printer dari satu perangkat ke perangkat lain. Hal ini tentunya akan mempermudah pengguna serta juga lebih menghemat biaya.

Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat memulainya dengan membagi driver printer melalui Control Panel. Setelah dibagikan ke semua pengguna yang bersangkutan, maka printer sudah dapat dipakai secara bersamaan. Dari hal tersebut tentunya kamu tidak harus memindahkan satu per satu dari komputer maupun printer.

  1. Lan Chatting

Jaringan LAN juga dapat berfungsi sebagai sarana mengirim pesan dengan sesama pengguna komputer di sekitar area LAN. Aktivitas ini juga bisa dilakukan tanpa harus terkoneksi dengan data internet terlebih dahulu walaupun nantinya jaringan LAN akan tetap online.

Demikian informasi mengenai teknologi jaringan LAN beserta fungsinya. Pada umumnya jaringan ini akan berperan untuk menghubungkan salah satu perangkat ke perangkat lainnya yang ada di area LAN. Teknologi ini juga dirancang untuk area yang hanya mencakup jaringan LAN saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *