fitur perkembangan belajar ruang guru

Cara Akses Fitur Perkembangan Belajar Ruang Guru Terbaru

Sejak pandemi melanda, dampak yang dirasakan oleh siswa dalam belajar tatap muka sangat terasa. Tidak bisanya belajar secara langsung membuat orang tua harus memantau langsung belajar anak. Bisa dipastikan, orang tua akan kesulitan karena harus mengajari anaknya berbagai macam pelajaran yang bukan bidangnya. Namun orang tua tidak perlu susah payah memikirkannya karena ada fitur perkembangan belajar Ruang Guru.

Fitur tersebut tersedia secara online dan merupakan fitur yang memungkinkan orang tua untuk memantau perkembangan anaknya selama belajar di Ruang Guru. Kegiatan yang dapat dipantau seperti video pembelajaran, segi durasi belajar dan latihan-latihan yang sudah diselesaikan. Berikut ini cara akses fiturnya:

1. Download Aplikasi Ruang Guru

Bagi orang tua dan siswa yang ingin mengandalkan belajar online lewat aplikasi Ruang Guru jika belum mempunyai aplikasinya bisa di download langsung di Play Store yang ada di Handphone masing-masing. Perlu diketahui, aplikasi ini merupakan favorit bagi berbagai jenjang pendidikan di Indonesia umumnya belajar secara online.

2. Lengkapi Data Untuk Bisa Masuk

Setelah download aplikasi Ruang Guru coba buka aplikasi tersebut. Nanti akan muncul panduan untuk melengkapi data diri pengguna aplikasi. Data diri yang perlu di isi pertama adalah nomor HP. Pastikan nomor hp masih aktif ya. Kemudian tulis email dan kata sandi, lalu isi kelas siswa lengkap dengan alamat. Semuanya harus diisi sesuai dengan panduan yang telah disediakan.

Di saat mengisi semua data diri sudah selesai, lihat tulisan paling bawah tentang menyetujui kebijakan privasi serta syarat yang berlaku. Centang tulisan tersebut. Jika semua sudah di isi sesuai ketentuan tekan lengkapi.

3. Klik Perkembangan Belajar

Para pengguna nanti akan masuk pada menu utama di Ruang Guru. Di menu utama ada menu Jadwal belajar, Perkembangan Belajar dan Tanya Jawab. Pilih fitur perkembangan Belajar yang terdapat diantara jadwal belajar dan tanya Jawab. Fungsi dari fitur perkembangan belajar ruang guru sesuai tulisan yang tertera di bawahnya yakni untuk melihat progress belajar dari pengguna.

4. Tekan List Aktivitas Belajar

Menu yang tersedia di dalam fitur perkembangan belajar meliputi aktivitas belajar dan rata-rata nilai. pilih aktivitas belajar jika ingin melihat bagaimana perkembangan belajar siswa. Di dalam fitur tersebut terdapat banyak fitur lagi. Menu yang disediakan terdiri dari video di tonton, waktu belajar dan latihan selesai.

Semuanya bisa pengguna pilih untuk memantau aktivitas belajar anaknya supaya lebih maksimal. Misalnya saja, pengguna menekan waktu belajar, lalu tekan belajar nanti. Setelah itu tekan mata pelajaran. Maka nantinya bakal muncul fitur total waktu belajar dalam kurun waktu yang telah ada.

5. Tekan Rata-Rata Nilai

Jika orang tua ingin melihat nilai rata-rata, klik saja fiturnya. Di dalam rata-rata nilai akan muncul fitur Nilai Latihan Topik serta Nilai Bank Soal. Misalnya saja pengguna memilih Nilai Latihan Topik, maka nanti terlihat nilai rata-rata yang telah dikerjakan siswa.

Dengan begitu orang tua dapat dengan mudah melihat rata-rata latihannya. Di dalam nilai latihan topik terdapat beberapa kategori mulai dari di atas rata-rata sampai belum dikerjakan. Semuanya sudah tersedia dan tinggal pilih kategori apa yang ingin dilihat.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengakses fitur perkembangan belajar Ruang Guru. Orang tua sudah tidak perlu bingung dan merasa terbantukan dengan pembelajaran yang disediakan fitur-fitur di dalam aplikas karena bisa melihat nilai dan membandingkan dengan murid lainnya. Apalagi di pandemi saat ini, pembelajaran online sedang menemui klimaksnya.