Cara Memperbaiki Facebook Lupa Kata Sandi Agar Bisa Digunakan Kembali

Cara Memperbaiki Facebook Lupa Kata Sandi

Facebook merupakan media sosial yang disukai berbagai kalangan. Cara memperbaiki facebook lupa kata sandi menjadi hal yang sering ditanyakan, karena akun itu masih dibutuhkan pemiliknya untuk menunjang kegiatan yang dilakukannya. Sebenarnya, lupa merupakan hal yang normal.

Saat ini banyak yang memanfaatkan platform facebook untuk berbagai kepentingan. Mulai dari berjualan, berkarya, bermain game, serta tetap terhubung dengan keluarga dan kawan. Seringkali karena tidak di log out, pengguna menjadi lupa kata sandinya dan tentu itu sangat mengganggu. Inilah cara mengatasi lupa sandi dalam facebook, antara lain:

1. Akses Melalui Nomor Hp

Pada cara memperbaiki facebook lupa kata sandi yang pertama yakni melalui nomor Hp. Langkah awalnya adalah membuka halaman log in facebook, pilih ”lupa kata sandi”. Akan muncul kolom yang meminta pengguna mengisi nomor Hp atau emailnya. Masukkan nomor Hp kemudian pilih “coba cara lain” untuk membuat kata sandi.

Pada halaman selanjutnya, pilih untuk mengirim kode melalui SMS. Lalu muncul kolom untuk memasukkan enam kode. Cek SMS yang berupa kode dan masukkan kode, kemudian buat ulang kata sandinya. Biasanya facebook memastikan kembali mengenai apakah ingin tetap masuk atau tidak. Jika demikian pilih lanjutkan, maka facebook kembali terbuka.

2. Lakukan Akses Melalui Email

Memanfaatkan email adalah cara memperbaiki facebook lupa kata sandi yang seringkali berhasil. Serupa dengan cara sebelumnya, bukalah halaman log in kemudian klik “lupa kata sandi”. Sekarang pilih untuk mencari berdasarkan email. Lalu isikan alamat email dengan benar.

Pada halaman selanjutnya, pilihlah cara log in dengan mengirim kode ke email. Secara otomatis email akan menerima 6 kode rahasia. Buka email yang sudah dikirim oleh facebook, kemudian ketikkan 6 kode tersebut di kolom. Lanjutkan membuat kata sandi baru. Setelah selesai, maka facebook sudah dapat digunakan.

3. Akses Melalui Kartu Identitas

Alternatif ini dapat digunakan jika pengguna tidak lagi memiliki akses menuju email maupun nomor Hpnya. Melalui verifikasi ini, pengguna diwajibkan memasukkan nomor kartu identitas (misalnya KTP, atau SIM). Langkahnya masih serupa dengan dua cara sebelumnya. Namun perlu diketahui bahwa cara log in menggunakan kartu identitas ini hanya bisa digunakan satu kali.

4. Gunakan Pusat Bantuan Facebook

Facebook juga menyediakan pusat bantuan. Hal ini juga menjadi pilihan cara memperbaiki facebook jika kata sandi terlupakan. Caranya dengan mengunjungi halaman pusat bantuan facebook. Setelah itu isilah form sesuai dengan kondisi sebenarnya dan ikuti dengan seksama langkah serta informasi yang diberikan oleh facebook.

5. Minta Bantuan dari Kontak Terpercaya

Pengguna dapat meminta bantuan dari tiga orang teman atau kontak dari facebook yang sudah pernah didaftarkan daftar kontak terpercaya. Namun apabila belum di setting sebelumnya, maka cara ini tidak dapat digunakan. Langkah awalnya sama yakni log in, klik “lupa kata sandi” kemudian pilih “tidak punya akses ke sini”.

Jika sudah, tulis email atau nomor telepon yang baru. Maka akan muncul halaman berisi kontak terpercaya. Klik “tampilkan kontak terpercaya”, hubungi teman tersebut agar membuka link recovery dari facebook. Kemudian tulis nama lengkap dari salah satu kontak terpercaya. Masukkan kode yang diberikan oleh tiga teman tadi, buat kata sandi baru, dan tunggu konfirmasi dari facebook. Proses ini kurang lebih 24 jam.

Itulah penjelasan cara memperbaiki facebook lupa kata sandi yang bisa dijadikan referensi. Meski tidak sulit, tapi lebih baik untuk rutin keluar dari halaman Facebook. Lalu mencatat kata sandi di notes ponsel atau tempat lain yang aman sehingga tidak mudah terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *