cara mengatasi microsoft office expired

Alternatif Cara Mengatasi Microsoft Office Expired yang Dapat Dilakukan

Fitur Microsoft Office yang user friendly membuat software ini banyak digunakan untuk membantu kelancaran pekerjaan. Namun, masa uji coba yang hanya 30 hari membuat banyak yang kebingungan cara mengatasi Microsoft Office expired ini. Bagaimana tidak? Jika sedang mengetik kemudian muncul peringatan bahwa Microsoft Office yang digunakan belum aktif.

Sebagai sarana pendukung pekerjaan yang utama, Microsoft Office memiliki program-program yang compatible dengan hampir semua merk komputer. Tidak mengherankan, software ini begitu populer meski sekarang telah banyak software sejenis yang dapat digunakan. Berikut ini cara yang dapat diupayakan untuk memulihkan  Microsoft Office yang expired:

Menggunakan Kode Produk

Microsoft Office melengkapi produk yang dipasarkannya dengan kode produk atau product key untuk menghindari penggunaan yang ilegal. Kode produk ini diperlukan ketika akan menjalankan program Microsoft Office. Berikut ini cara mengatasi Microsoft Office Expired dengan memasukkan product key yang ada dalam paket pembelian software Microsoft Office:

1. Temukan Product Key

Ketika membeli software Microsoft Office, kode produk merupakan bagian yang tidak terpisahkan darinya. Kode ini biasanya tertera pada keping CD atau kemasannya. Apabila pembelian dilakukan secara online, cek email yang digunakan pada saat transaksi. Kode produk ini berupa 25 digit unik kombinasi huruf dan angka, yang melekat pada setiap item.

2. Buka Program Microsoft Office

Setelah mendapatkan kode produknya, buka salah satu program Office yang ada di komputer, misalnya Microsoft Word atau Microsoft Excel kemudian tekan tombol Activate. Monitor akan menunjukkan kolom untuk memasukkan product keys.

3. Masukkan Kode Produk

Input 25 digit kode yang ada pada kolom tersedia, pastikan untuk memasukkan setiap digit dengan benar. Jika sudah yakin benar klik continue dan layar akan menampilkan tombol Redeem Online, pilih atau klik tombol tersebut.

Pengguna akan diminta untuk memasukkan akun Microsoft  yang dimiliki, jika belum punya buat akunnya terlebih dahulu dan masukkan pada kolom yang ada. Langkah terakhir adalah pilih Finish Activation, maka Microsoft Office dapat digunakan kembali.

Gunakan Aplikasi KMSpico

Ketika kode produk tidak dapat ditemukan, masih ada cara mengatasi Microsoft Office Expired lainnya yaitu dengan menggunakan aplikasi bantuan. Cara ini terbilang mudah dan sudah banyak yang menggunakan untuk mengatasi peringatan product activation failed yang sering muncul. Berikut cara-caranya:

  • Unduh software aplikasi KMSpico. Link untuk mengunduh aplikasi ini dapat ditemukan ketika melakukan pencarian di Google, pilih salah satunya, kemudian unduh. Tunggu proses download sampai selesai, dan ketika sudah terunduh lakukan extract file, akan muncul beberapa file dan pilih KMSPico.exe.
  • Jalankan proses aktivasi. Klik kanan pada file KMSPico yang telah ditemukan sebelumnya, dan muncul beberapa pilihan, klik Run as Administrator. Ketika menu ini dipilih, berarti pengguna menyetujui untuk menjalankan proses aktivasi Microsoft Office. Dan proses aktivasi ulang berlangsung, tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Microsoft Office siap digunakan. KMSPico akan menutup secara otomatis ketika proses aktivasi selesai, dan ini berarti Microsoft Office yang ada pada komputer dapat digunakan kembali. Proses aktivasi ini tidak memerlukan waktu yang lama dan Microsoft Office dapat digunakan secara gratis dan permanen.

Demikianlah cara mengatasi Microsoft Office expired yang dapat dilakukan sendiri dan tergantung dari kondisi yang ada. Untuk menghindari kendala serupa ketika memasang Microsoft Office di komputer lain, simpan CD program dalam kemasannya dengan baik. Atau jika pembelian dilakukan dengan online, catat kode produk yang didapat dari email dalam catatan khusus.