macam macam software firewall

Macam Macam Software Firewall Berdasarkan Struktur Umum dan Metode Operasinya!

Software Firewall merupakan salah satu sistem keamanan yang paling banyak diterapkan pada jaringan privat internet. Kerja dari software ini yaitu memantau lalu lintas jaringan yang keluar masuk. Ada macam macam software Firewall berdasarkan struktur dan metode pengoperasiannya, bekerja sesuai spesifikasinya.

Firewall tersebut bekerja menentukan pengizinan atau pemblokiran lalu lintas tertentu sesuai dengan seperangkat ketentuan keamanan yang ada. Bagi pengguna internet tentu penting sekali untuk menggunakan software ini dalam melindungi keamanan jaringan internet, lebih lagi untuk kebutuhan perusahaan. Adapun pengkategorian software Firewall dibagi dalam beberapa macam, yaitu:

1. Packet-Filtering Firewall

Bagi pengguna yang ingin memblokir paket-paket data jaringan bisa menggunakan jenis software Packet Filtering Firewall. Sebab dengan menggunakan ini keamanan akan terjaga dengan cara sortir paket data yang bisa masuk atau tidak sesuai dengan ketentuan user pastinya.

Jenis software Firewall ini adalah versi pertama sehingga cara kerjanya tergolong simple. Firewall ini dapat memeriksa paket data di traffic switch dan traffic router saja. Menariknya dari Firewall ini tidak membutuhkan sumber daya banyak sehingga tidak berpengaruh buruk pada kinerja komputer. Namun, tergolong kurang akurat dibandingkan dengan Firewall versi terbaru.

2. Circuit-Level Gateway

Salah satu macam-macam software Firewall yang tergolong sederhana selanjutnya adalah circuit level Gateway. Cara kerjanya cepat dan mudah dalam menolak atau menyetujui lalu lintas. Bahkan tanpa memakai sumber daya komputasi yang berarti.

Hanya saja untuk fungsi khususnya software firewall ini yaitu melakukan verifikasi Transmission Control Protocol. Firewall jenis ini juga terbilang hemat sumber daya tapi memiliki kelemahan dalam memeriksa paket data yang keluar dan masuk. Untung itu software ini terbilang kurang efektif untuk melindungi komputer.

3. Next-Generation Firewall

Jenis software Firewall selanjutnya adalah Next Generation Firewall. Fitur-fitur dari Firewall ini diantaranya inspeksi, pemeriksaan handshake TCP serta inspeksi paket tingkat permukaan. Firewall generasi terbaru ini mencangkup IPS atau sistem pencegahan intrusi. Sistem ini bekerja sebagaimana fungsinya yaitu menghambat serangan terhadap jaringan internet secara otomatis.

4. Hardware Firewall

Salah satu dari macam macam software Firewall yang fungsi menjaga keamanan perangkat adalah Hardware Firewall. Cara kerja dari jenis software Firewall ini yaitu memfilter pakai data dan permintaan lalu lintas sebelum terkoneksi ke server jaringan.

Keunggulan dari Firewall ini dapat menjaga keamanan perimeter dengan cara memastikan lalu lintas berbahaya dari luar jaringan. Langkah tersebut dilakukan dengan memberhentikan sebelum titik jaringan terkena bahaya. Hanya saja kelemahan yang perlu diperhatikan kan bahwa software Firewall ini mudah diserang oleh orang dalam sehingga keefektifannya tergantung dari pembuatnya.

5. Cloud Firewall

Cloud Firewall adalah sistem keamanan yang memiliki pengaturan server di Cloud. Walaupun tidak harus di Cloud. Manfaat dari software Firewall berbasis ini yaitu mudah untuk menambahkan atau mengurangi kapasitas.

Apabila kebutuhan pada software Firewall ini meningkat pengguna tinggal menambahkan kapasitas ke server Cloud agar bisa memfilter beban lalu lintas lebih maksimal. Jadi bisa disimpulkan bahwa software ini ini cukup unggul dalam menjaga keamanan perimeter sama dengan beberapa software Firewall lainnya.

Itulah macam macam software Firewall yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan jaringan internet agar data-data perangkat selalu aman dan tidak mudah dimata-matai. Hanya saja untuk kebutuhan perusahaan pastikan user memilih software Firewall yang terjamin keamanannya sesuai dengan kebutuhan. Tetapi disarankan agar lebih maksimal bisa menggunakan beberapa kumpulan software Firewall agar lebih terproteksi.