7 Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal HP, Dijamin Sinyal Menjadi Kuat Seketika

Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp

Saat ini, HP adalah alat komunikasi canggih yang tentunya sudah melekat di kehidupan setiap orang. Berbagai kemudahan bisa didapat dari penggunaan HP ini. Namun, terkadang masih ada kendala seperti sinyal lemah yang sering terjadi. Maka dari itu, cara memperbaiki penangkap sinyal HP akan dibahas secara tuntas.

Penyebab sinyal yang lemah ini karena berbagai hal. Bisa karena terjatuh, jangkauan sinyal provider yang jauh, atau bisa juga karena hardware yang rusak. Semua masalah ini tentunya harus dihindari agar sinyal HP tetap stabil dan HP bisa digunakan dengan baik. Simak beberapa cara berikut untuk menemukan solusinya, yaitu

1. Coba Restart HP

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan restart HP atau memulai ulang HP. Hal ini biasanya bisa berhasil seketika dan bisa memperbaiki penangkap sinyal. Kemungkinan ada sistem yang crash dengan aplikasi sehingga sinyal tidak stabil. Langkah ini dijamin ampuh menyelesaikannya.

2. Hidupkan Mode Pesawat

Memakai mode pesawat adalah cara yang lebih mudah dari restart HP. Cara ini sangat cepat sehingga tidak perlu menunggu waktu lama. Cukup hidupkan mode pesawat, kemudian matikan lagi. Secara otomatis, sinyal HP akan lebih kuat dan stabil dari sebelumnya. Jaringan HP juga akan lebih baik dan bisa digunakan lagi.

3. Pindah Tempat dengan Sinyal yang Kuat

Jika dirasa masih belum mendapat sinyal yang kuat, maka bisa melakukan pindah lokasi. Biasanya, ada spot-spot tertentu dengan sinyal dan jaringan yang kuat. Tempat terbuka adalah tempat paling pas untuk mendapat sinyal tergantung provider yang digunakan. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan di mana saja.

Cara ini merupakan cara memperbaiki penangkap sinyal HP yang sangat sederhana. Tidak perlu mengotak-atik isi HP, tapi sinyal sudah kembali stabil. Ruangan yang penuh dengan tembok atau biasanya gedung bertingkat akan mendapat sinyal lebih sedikit dibanding tempat terbuka.

4. Lakukan Pengecekan Jaringan

Jika ingin memperbaiki penangkap sinyal, cara ini juga patut untuk dicoba. Masuk ke pengaturan, pilih jaringan atau koneksi. Pastikan untuk menggunakan mode WCDMA/GSM Otomatis agar jaringan bisa didapat dengan mudah. Cara ini merupakan cara otomatis untuk memudahkan pengguna menangkap sinyal.

5. Coba Ganti Provider yang Digunakan

Indonesia merupakan negara yang luas dan terdapat beberapa tempat yang termasuk pelosok di dalamnya. Masalah lainnya adalah tidak semua provider bisa menjangkau pelosok negeri tersebut. Cara memperkuat sinyal lainnya adalah dengan mengganti provider yang digunakan. Pastikan yang bisa dijangkau di tempat tinggal masih-masing.

6. Lakukan Update Terhadap OS

Sistem operasi yang digunakan HP harus selalu di update secara berkala. Hal ini juga berkaitan dengan sinyal yang akan didapatkan. Jika OS masih menggunakan versi lama, sedangkan sinyal yang ada mengharuskan menggunakan yang baru, maka hal tersebut tidak seimbang. Jadi, sangat disarankan untuk melakukan update ke versi terbaru.

Tidak harus setiap hari, tapi lakukan update seperlunya dan secara berkala. Maka, sinyal akan semakin kuat jika hal ini dilakukan. Hal ini karena akan ada keseimbangan antara OS dan sinyal yang tersedia. Sebagai pengguna HP yang ada masalah dengan sinyal, maka cara ini patut untuk dicoba dan diterapkan.

7. Bawa ke Tempat Service untuk Ganti Hardware

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke tempat service. Bisa saja ada komponen dalam HP tersebut yang harus diganti karena membuat sinyal semakin lemah. Pastikan untuk menyerahkannya pada orang yang tepat, jangan buka HP tanpa pengetahuan apa pun.

Daftar di atas merupakan beberapa cara memperbaiki penangkap sinyal HP yang bisa dilakukan. Berbagai cara tersebut dijamin ampuh memperbaiki sinyal yang lemah menjadi lebih kuat. Aktivitas tersebut juga dapat membantu pengguna agar lancar dalam menggunakan Hp yang dimilikinya dalam berbagai kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *