GADGET  

Tips Membeli iPhone Bekas, 7 Poin Pentingnya Tak Boleh Abai

Tips Membeli iPhone Bekas, 7 Poin Pentingnya Tak Boleh Abai (pixabay.com)
Ilustrasi Foto (pixabay.com)

Tips membeli iPhone bekas tidak boleh asal-asalan. Pastikan Anda memahami tips membeli dengan tepat ketika membeli iPhone baik masih baru atau bekas.

Untuk menjatuhkan pilihan iPhone bekas sedikit lebih sulit. Terlebih saat ini banyak beredar iPhone bekas di pasaran.

7 Tips Membeli iPhone Bekas yang Tepat

Tampilan dan performa iPhone begitu memukau. Tak salah apabila orang berlomba-lomba memilikinya.

Tampilan dan performa iPhone menjadi nilai jualnya. Wajar apabila masih bernilai jual tinggi untuk produk sekennya.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika ini menjadi opsi alternatif demi memiliki iPhone. Bagi Anda yang belum memiliki gambaran bagaimana mendapatkan produk iPhone bekas berkualitas, silakan simak ulasan berikut ini.

Cek Bodi Belakang

Cara cek iPhone bekas sebelum membeli yang paling mudah adalah cek bagian belakang bodi. Cermati dengan seksama apakah Anda menjumpai adanya retakan, lecet, atau bahkan pecah.

Tidak boleh abai dengan sekecil apapun retakan tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa iPhone pernah terjatuh atau terbentur benda keras. Bukankah ini juga akan berpengaruh pada komponen dalam ponsel?

Pastikan iPhone Masih Menyala dengan Baik

Tips membeli iPhone bekas tetapi masih baik performanya adalah memastikan perangkat tersebut masih bisa menyala dan Anda tidak mengalami kendala saat mengaktifkannya.

Langkah mudahnya adalah tekan tombol power lalu cermati apakah proses booting berhasil dengan baik sehingga Anda bisa mengakses layar Home. Bila booting terhenti dan Anda tidak mendapati layar memunculkan Home alias hanya muncul logo Apple, maka urungkan niat Anda membelinya. Bisa jadi iPhone tersebut mengalami gangguan.

Pastikan iPhone Bekas Adalah Ori

Kepopuleran iPhone justru menjadi celah bagi produsen nakal meluncurkan produk iPhone kw. Meskipun barang bekas, pastikan Anda tidak membeli iPhone produk palsu.

Tidak sulit untuk membedakannya. Pertama, silakan cek apakah ada aplikasi App Store di dalamnya. Rahasianya, hanya iPhone asli yang bisa mengakses App Store dengan baik.

Cara lain untuk memastikannya adalah ada tidaknya retina display yang menghubungkan iPhone dengan iTunes. Bagaimana, mudah bukan trik mengetahui iPhone ori atau palsu.

Cek Fungsi Tombol

Mengecek fungsi tombol juga menjadi tips mudah ketika memutuskan membeli iPhone bekas. Selain body, pastikan juga semua tombolnya masih berfungsi baik sehingga tidak percuma membelinya.

Jangan grusa grusu memilih. Tidak mau bukan tekor gegara salah membeli produk iPhone?

Cek Baterai

Baterai merupakan nyawa agar suatu perangkat bisa berfungsi baik. Kasus yang sering dijumpai di masyarakat adalah baterai pada iPhone bekas sering bermasalah atau perlu diservis.

Hal yang lazim apabila seiring penggunaan maka performa baterai mengalami penurunan. Namun setidaknya, bisa memilih iPhone bekas yang kapasitas baterainya masih bisa diandalkan.

Cek Komponen Speaker dan Microphone

Untuk mengecek kedua komponen ini Anda bisa mencobanya langsung. Caranya adalah silakan melakukan panggilan ke telepon.

Anda juga bisa mencoba memutar lagu. Bila suara microphone dan speaker tidak jernih dan stabil, sebaiknya tidak jadi saja membelinya.

Cek Sensor iPhone

iPhone bisa menjalankan fitur ponsel dengan bantuan sensor di dalamnya. Mulai dari gyroscope, haptic, Face ID (Touch ID), sensor proximity, dan sebagainya. Bagian ini juga tidak boleh luput dari pengamatan Anda.

Cobalah melakukan pengecekan dengan cara mengaktifkan fitur-fitur tersebut. Misal hendak menjajal apakah sensor proximity masih berfungsi, silakan menuju fitur panggilan telepon. Jika Anda menjumpai layar iPhone dalam kondisi gelap ketika menempelkan ke telinga, maka sensor proximity masih berfungsi dengan baik.

Tips membeli iPhone bekas yang menjadi penentu utama bahwa iPhone masih dalam kondisi baik adalah pastikan Anda mendapatkan dari reseller terpercaya terlebih bila membelinya secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *