GADGET  

Coba Terapkan Tips Mempercepat Kinerja Laptop yang Sudah Berumur

Coba Terapkan Tips Mempercepat Kinerja Laptop yang Sudah Berumur (pixabay.com)
Ilustrasi gambar dari pixabay.com

Serangkaian tips mempercepat kinerja laptop ini bisa kamu coba terapkan supaya laptop tidak sering lemot dan tidak cepat rusak. Pada umumnya, laptop yang sudah lama digunakan tentunya juga semakin berumur serta kinerjanya menurun.

Hal ini memanglah wajar, namun terkadang ada beberapa pengguna yang sering mengeluh laptopnya menjadi sering error, overheat, dan masalah lainnya yang cukup merepotkan. Untuk itu, kamu jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kinerjanya lancar kembali.

Serangkaian Tips Mempercepat Kinerja Laptop

Kinerja laptop yang semakin berkurang biasanya menandakan bahwa laptop yang kamu gunakan sudah berumur. Nah, apabila laptop tersebut sudah lama digunakan, tentunya juga membutuhkan perawatan yang ekstra supaya tidak menyebabkan masalah atau bahkan kerusakan parah. untuk itu, supaya kinerja laptop kamu tetap stabil dan lancar, coba terapkan tips-tips berikut ini.

  1. Tambah Kapasitas RAM

Tips pertama yang bisa kamu coba lakukan yaitu dengan menambah kapasitas RAM pada laptop. Seperti yang kita ketahui, seiring berjalannya waktu, kita selalu menyimpan banyak data maupun file-file lainnya.

Nah, dari kondisi tersebut tentunya juga dapat menguras memori penyimpanan pada laptop. Dan pada akhirnya kinerja laptop menjadi menurun bahkan lemot. Untuk itu, dengan menambah kapasitas RAM juga cukup dianjurkan.

  1. Hapus Cache yang Menumpuk

Tips mempercepat kinerja laptop berikutnya yaitu kamu bisa dengan menghapus semua cache yang sudah menumpuk di laptop. Memang, terkadang cache pada laptop tidak semuanya mudah ditemukan.

Maka dari itu, kamu perlu membuka file-file dengan teliti. Kamu juga bisa langsung memanfaatkan fitur Recycle Bin yang sudah tersedia di laptop. Dengan fitur tersebut tentunya dapat membantu kamu untuk menghapus file sementara atau file sampah yang ada pada browser.

  1. Kurangi Program Startup yang Berjalan

Semakin sering menjalankan program startup secara bersamaan, maka semakin menurun juga kinerja laptop kamu. Mungkin jika hanya dalam beberapa waktu saja hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh.

Namun lama-kelamaan tentunya juga akan mempengaruhi kinerja laptop, sehingga menjadi sering lemot dan error. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus menonaktifkan program yang tidak terlalu penting dan tidak perlu berjalan di startup.

  1. Pasang Antivirus

Virus yang menyerang laptop juga menjadi salah satu pemicu kinerjanya menjadi berkurang bahkan menjadi sering ngelag. Supaya kinerja laptop kamu tetap lancar terus, maka menggunakan antivirus sangat dianjurkan. Ketika ingin menggunakan antivirus, pastikan kamu menginstall aplikasinya yang resmi.

  1. Uninstall Software yang Kurang Penting

Semakin banyak kamu menginstall aplikasi di laptop tentu akan menyebabkan memori penyimpanan menjadi terus berkurang. Nah, jika kapasitas memorinya semakin penuh, tentu kinerja laptop menjadi tidak maksimal. Hal ini juga dapat menyebabkan laptop sering error. Maka dari itu, jika aplikasi yang telah kamu install namun jarang atau tidak terlalu penting, sebaiknya segera dihapus saja.

  1. Gunakan Virtual Memory

Virtual memory juga dapat berguna ketika kamu kekurangan kapasitas memori fisik. Walaupun tidak sama seperti RAM, namun metode ini juga cukup efektif untuk membantu supaya memori penyimpanan tidak penuh.

Jadi, itulah beberapa tips mempercepat kinerja laptop yang bisa kamu terapkan. Nah, apabila laptop kamu sudah sangat lama digunakan, tips-tips diatas tentunya akan sangat membantu supaya kinerja laptop tetap lancar. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi adanya masalah seperti laptop lemot maupun error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *