Pengertian Kantor Akuntan Publik Jenis, Fungsi dan dan Praktiknya

Pengertian Kantor Akuntan Publik, Jenis, Fungsi dan dan Praktiknya (YouTube)
Pengertian Kantor Akuntan Publik, Jenis, Fungsi dan dan Praktiknya (YouTube)

Kantor akuntan publik atau biasa disebut KAP adalah wadah bagi profesional untuk melayani jasa yang berkaitan dengan akuntansi publik. Kemudian jasa ini tentu dilaksanakan dengan standar yang berlaku dan harus mendapatkan izin terkait dari Menteri Keuangan.

Usaha jasa akuntan publik saat ini mulai ramai dicari orang, maupun perusahaan yang membutuhkan. Kemajuan zaman memang banyak memudahkan segala urusan. Seseorang yang berkutat dalam melayani jasa ini tentu harus memiliki beberapa kualifikasi khusus, karena urusan akuntansi membutuhkan ketelitian profesional dan keahlian pada bidangnya.

Jasa usaha ini bergerak secara independen tanpa pengaruh pihak terkait manapun. Selain itu pelaku usaha jasa ini harus bergabung dengan asosiasi resmi yang telah diakui keberadaanya oleh Pemerintah Indonesia. Ikatan ini biasa disebut dengan Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Mengaudit keuangan, mengatur, merencanakan mengidentifikasi dan mendapatkan laporan bisa Anda dapatkan ketika Anda maupun sebuah perusahaan menggunakan jasa ini. Selain itu, juga melayani beberapa jasa yang tidak menggunakan pendapat dan pemikiran. Dengan contoh, jasa perpajakan, konsultasi manajemen dan lain sebagainya.

Secara umum, jasa konsultan publik adalah sebuah badan usaha jasa legal dan profesional dalam menangani berbagai kebutuhan publik terkait dengan keuangan. Mulai dari perorangan, badan usaha, hingga ke perusahaan besar. Untuk mengenal beberapa hal yang terkait dengan jasa ini, Anda bisa lanjutkan pembacaan artikel di bawah ini hingga purna.

Pelayanan, Kelebihan dan Kekurangan dalam Menggunakan Jasa Kantor Akuntan Publik (KAP)

Sebelum Anda maupun perusahaan menggunakan jasa ini, mesti memahami seluk beluknya. Tak terkecuali adalah kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan jasa ini. Sehingga ketika Anda membutuhkan dan menggunakan jasa ini, merasa puas dan tidak kecewa.

Pengertian

KAP atau kantor akuntan publik merupakan tempat bekerja seorang pengusaha jasa keahlian yang berkaitan dengan akuntansi. Meskipun independen, jasa ini harus sesuai standar yang berlaku dan mempunyai izin resmi dari menteri keuangan. Orang yang menjalankan usaha ini biasa disebut seorang akuntan profesional merupakan tempat bekerja seorang pengusaha jasa keahlian yang berkaitan dengan akuntansi.

Pelayanan

Jasa ini mengurusi beberapa hal yang berkaitan dengan akuntansi sesuai yang diinginkan klien. Beberapa jasa yang ditawarkan diantaranya adalah sebagai berikut

  • Jasa Atestasi. Melingkupi jasa ini diantaranya adalah mengumpulkan informasi sebuah data (audit) terkait laporan keuangan, review laporan keuangan dan pengecekan terhadap laporan keuangan prospektif. Secara bahasa atestasi adalah jasa yang memberikan pernyataan maupun pertimbangan dengan posisi yang independen dan kompeten pada bidangnya.
  • Jasa Non Atestasi. Usaha jasa ini melayani jasa yang berkaitan dengan keuangan, akuntansi, manajemen konsultasi dan perpajakan. Sebagai contoh sederhana adalah jasa ini melayani pengisian surat perpajakn maupun perencanaannya

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Jasa ini

Ketika menggunakan jasa ini, tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan. Akan tetapi, kelebihan lebih mendominasi karena sesuai dengan kebutuhan Anda menyewa jasa ini. Berikut adalah uraiannya.

  • Dikerjakan oleh ahli yang kompeten dibidangnya. Apabila telah yakin untuk menggunakan jasa ini, tentu tugas Anda akan dibantu dikerjakan oleh ahli yang berkompeten. Hal ini jelas membantu Anda baik itu secara waktu maupun kualitas.
  • Menambah Anggaran. Karena Anda mendapatkan pelayanan yang profesional, Tentu Sebuah perusahaan maupun perorangan harus mengeluarkan budget untuk membayar jasa ini. Akan tetapi berapapun biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan hasil yang didapatkan.

Seluk beluk dalam penggunaan jasa ini memang cenderung rumit. Ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan sebelum menyewa jasa ini, yaitu legalitasnya. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan jasa abal abal. Karena zaman sekarang, memalsukan data dan legalitas adalah hal yang mudah. Pastikan Anda mendapatkan kantor akuntan publik yang amanah legal dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *